4.30.2013

Yuk Bikin Aplikasi Mobile





Saya, Anda, dan jutaan orang di seluruh dunia telah menggunakan mobile apps. Namun tahukah Anda jika semua orang sebenarnya bisa membuat mobile apps sendiri? Termasuk Anda yang mungkin tergolong awam dalam programming.

Pasalnya, kini cukup banyak tersedia peranti pembangun aplikasi mobile dengan feature yang memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi tanpa harus bergelut dengan pemrograman sama sekali.

Jenis peranti pembangun aplikasi mobile itu sendiri macam-macam. Ada yang gratis ada pula yang berbayar. Ada yang memiliki simulator sehingga kita bisa dengan mudah membayangkan seperti apa nantinya aplikasi tersebut bila sudah jadi. Tapi ada pula yang hanya meminta informasi tentang aplikasi yang akan dibuat. Ada yang bisa menangani multiplatform seperti iOS, Android, Windows Phone. Namun tidak sedikit yang hanya melayani satu platform saja.

Dengan adanya kemudahan seperti ini, agak gampang ditebak kalau bakal banyak orangyang membuat aplikasi mobile. Di satu sisi, tentunya hal ini cukup menggembirakan. Ini karena pengguna memiliki makin banyak pilihan. Namun di sisi lain, pasar aplikasi mobile boleh jadi akan dibanjiri oleh aplikasi-aplikasi yang tidak bermutu.

Namun demikian, hal yang terakhir ini tidaklah perlu terlalu dikhawatirkan karena seleksi alam pastilah ada. Yang tak mampu menghasilkan aplikasi berkualitas pastilah akan berguguran

Namun dari sisi kualitas, seperti apakah aplikasi yang mampu dihasilkan oleh peranti pembangun aplikasi mobile tersebut? Memang akan sulit membangun aplikasi sehebat Angry Birds yang membutuhkan perhitungan fisika rumit dalam menentukan arah terbang si burung pengamuk.

Aplikasi yang dapat dibuat kebanyakan hanya mampu menampilkan data statis dan relatif kurang interaktif. Tetapi dengan sentuhan kreativitas, sebuah aplikasi yang terbatas tentu akan bisa diubah menjadi sesuatu yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque