8.15.2013

Selamat Hari Pramuka!


Prok prok prok... prok prok prok... prok prok prok prok prok prok prok...
*kamu yang baca ini pasti ngitungin “prok”-nya berapa kali dicek sesuai aslinya apa nggak*

Siapa masih ingat sama irama tepuk tangan di atas? Kalo kamu masih ingat irama tepuk tangan itu berarti kamu adalah APRAMGARAS alias anak pramuka garis keras. Yap, irama tepuk tangan di atas adalah tepuk pramuka.

Hari ini, 14 Agustus 2013, adalah hari ulang tahun pramuka yang ke-52. Kalo dulu pas zaman kamu masih SD, SMP, atau SMA ada ekstrakulikuler atau muatan lokal pramuka, berarti sekolah kamu keren.

Loh, kenapa sekolah keren? Ya jelas keren, di dalam pelajaran pramuka kita diajarin cara berorganisasi, bersosialisasi, dan kepemimpinan yang baik, yang gak ada di mata pelajaran lain selain PPKN.

Belum lagi kita belajar caranya bertahan hidup dan menerapkan semua ilmu IPA dengan berinteraksi langsung dengan alam pas Persami (Perkemahan Sabtu Minggu).

Untuk memperingati hari pramuka, di artikel ini kami mau ngajak kamu-kamu semua bernostalgia ketika kita masih pake seragam coklat dan menggunakan berbagai atribut yang bikin kamu terlihat gagah.

Yuk langsung aja kita kembali balik lagi ke masa itu dengan membaca jejeran kata di bawah ini:

Dasa Darma Pramuka


Pramuka itu:
1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela Menolong dan tabah
6. Rajin, terampil dan gembira
7. Hemat, cermat, dan bersahaja
8. Disiplin Berani dan setia
9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Hayo, masih ingat gak? Kami tebak paling kamu-kamu cuma inget dari nomer 1 sama 2 doang, sisanya lupa. Tapi gak apa-apa senggaknya kamu masih inget sama dasa darma pramuka.

Kalo kamu resapi lebih dalam dasa darma pramuka itu ngajarin kita untuk menjadi manusia yang baik, berguna, dan berbakti sama orang tua, negara, dan pacar.

Menurut kami poin yang paling penting ada di nomer 8 dan 10. Di nomer 8 kamu diajarin untuk berani mengungkapkan perasaan dan setia sama pacar kamu jadi hubungan kamu awet. Nomer 10 mencakup semuanya, dari nomer 1 sampe 9 semuanya perbuatan suci. Satu poin banyak makna. Tepuk pramuka!

Ngumpulin TKK

TKK (Tanda Kecakapan Khusus) ini adalah salah satu atribut yang diberikan sama guru pramuka kalo kamu berhasil mengikuti beberapa kegiatan kompetitif yang diuji sama guru pramuka kamu. Misalnya kamu harus bisa masak, mimpin baris berbaris, sampe ngatur lalu lintas (makanya pas mudik banyak anak pramuka yang bantuin turun ke jalan).

Makin banyak kamu punya TKK makin berbanding lurus dengan keseganan temen-temen kamu saat kamu. Makin keren gituh.

TKK juga jadi tolok ukur sama prestige dan prestasi. Zaman kami dulu kalo ada orang yang punya banyak TKK bahkan sampe diselempangin, gak diragukan lagi orang itu udah pasti expert banget di bidang per-pramuka-an. S/he’s the suhu of pramuka. Bisa jadi pembina kali ya.

Belajar kata sandi

Dalam pramuka ada bermacam-macam sandi yang kita pelajarin, yaitu sandi morse, sandi rumput,dan sandi sandoro.

Banyak manfaat kalo kita memperdalam belajar sandi-sandi tersebut. Ketika kita terpisah sama temen-temen kita di tempat antah-berantah, kamu dan temen kamu bisa ninggalin jejak arah berupa angka atau tanda yang dibuat di permukaan pohon atau di tanah, alhasil kamu bisa ketemu lagi sama temen-temen kamu di suatu tempat.

Tapi, apalah daya sandi-sandi itu, karena pada akhirnya sekarang ini kamu-kamu yang udah pernah ikutan pramuka nggak bisa juga mecahin kode dari sang inceran.

Berkemah

Coba kamu bayangin kamu tersesat di hutan belantara, di sana cuma tersedia daun-daun dan tanaman yang berserabut, dan sekali lagi kamu coba bayangin kamu gak pernah belajar pramuka. Kamu bermalam dan tidur dibawah pohon, pas bangun-bangun kamu udah di dalam perut singa. Mending kalo keadaannya masih utuh.

Di pramuka kamu pasti diajarin ngebangun rumah tangga tenda, mulai dari bikin patok, ngiket simpul-simpul tali yang ribet, dan masak dengan peralatan seadanya.

Nah di situ manfaatnya, kamu jadi bisa bertahan hidup di alam terbuka. Kamu aman di dalam tenda, aman dari ancaman binatang buas, terkecuali dari vampir mungil terbang yang hobi ngisep darah kamu dan bikin kamu gatel, yaitu nyamuk. Atau dari vampir berkilau yang bedaknya tebel kayak di film Twilight, karena itu bisa bikin kamu yang cewek-cewek gatel juga.

Gimana, udah inget lagi kan beberapa hal tentang pramuka? Ya biarpun sekarang udah nggak apal lagi, yang penting sekarang jadi terkenang. Karena masih suasana lebaran, kita harus seperti dasa darma pramuka nomer 10, suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Semoga kita semua selalu TACIPAPARERAHEDIBESU (yang anak pramuka pasti tau ini akronim apa). Salam pramuka!

Dan ingatlah. Sesungguhnya ada satu warisan pramuka yang sering kamu terapkan sampai sekarang dalam hidup kamu... yaitu jarang mandi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque