4.16.2013

Menghapus Data di Facebook dan Google





Kedua website raksasa ini mengetahui lebih banyak tentang Anda dari yang Anda kira. Kami tunjukkan cara menghapus data Anda untuk ­selamanya.

Bulan Juni lalu, Facebook mengadakan voting mengenai aturan baru penggunaan data. Hanya 0,04% dari sekitar satu miliar pengguna Facebook yang ikut serta dalam voting mengenai penggunaan aturan proteksi data yang lama atau versi baru yang sebaiknya diterapkan. Terlalu sedikit suara (vote) untuk mencegah aturan yang baru. 

Melakukan perubahan tanpa partisipasi pengguna memang sudah tradisi Facebook. Tahun 2008, selain ‘friends’, Facebook juga mengizinkan ‘friends of friends’ untuk melihat data pribadi pengguna. Contoh lainnya adalah pengenalan wajah atau pemberian data pribadi pengguna kepada perusahaan iklan tanpa pemberitahuan kepada pengguna.

Proteksi data di Google juga tidak jauh berbeda. Raksasa pencari ini memancing pengguna dengan banyak layanan tambahan dari Google Mail, YouTube, Google+, Google Maps, dan Google Play Store. Sejak bulan Maret lalu, data antarlayanan tersebut saling terhubung. The Federation of Consumer Organizations memperingatkan, 23 klausul dari aturan proteksi data yang baru bertentangan dengan hukum. Kami paparkan cara melihat koleksi data Facebook dan Google juga menonaktifkan setiap layanannya. Selain itu, kami tunjukkan juga kepada Anda, cara untuk menghapus account di kedua raksasa Internet ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque