4.09.2013

Mencoba Ice Cream Sandwich di Notebook/Desktop





Dibanding versi pendahulunya, Android Ice Cream Sandwich (4.0) punya lebih banyak fitur dan fungsi yang menarik. Tapi sistem operasi ini cuma bisa dinikmati oleh pengguna smartphone dan tablet berbasis prosesor ARM. Bagaimana dengan pengguna sistem berbasis x86 (Intel & AMD)?
Apakah tetap bisa mencoba es krim biskuit ini? Jawabnya, bisa!

Caranya dengan memanfaatkan sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi (porting) khusus untuk mesin x86. Namanya juga modifikasi, pasti ada yang tidak sempurna, termasuk kemungkinan adanya bug. Apalagi ICS masih tergolong baru, jadi portingannya pun pasti belum sempurna. Makanya, PCplus sarankan untuk tidak membuat ICS sebagai OS utama kamu di notebook atau PC. Kalau buat cobacoba sih, boleh lah. 

Nah, tutorial sederhana ini mau menunjukkan cara mencoba ICS di perangkat x86 secara live (tanpa instalasi ke hard disk) menggunakan media USB Flash Drive (UFD). Buat yang sering menggunakan Linux dengan Live USB pasti paham caranya. Sebelum mulai, siapkan dulu dua perangkat lunak berikut ini:

1. File ISO Android ICS. Unduh di http://www.android-x86.org/ download. Perhatikan sistem yang didukung oleh Android karena mungkin akan berbeda dengan yang kamu punya. PCplus menggunakan file android-x86- 4.0-RC2-asus_laptop.iso
2. File pembuat installer USB Linux bernama Unetbotin. Unduh di http://unetbootin.sourceforge.net/

Sebelum mulai, PCplus harus mengingatkan kamu yang sudah punya sistem operasi untuk berhati-hati jika ingin melakukan instalasi Android x86 ke hard disk, karena bisa menghapus/menimpa sistem operasi yang sudah ada. Ada baiknya kamu menyiapkan dulu partisi baru, cara membuat partisi di Windows 7 bisa dilihat di http://www.tabloidpcplus.com/2011/03/tutorial/tutorial-software/bikin-partisidari-windows-7/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque