4.30.2013

Notebook untuk Pebisnis





Mungkin kasus kawan penulis, Aries, yang bekerja di salah satu bank besar di Indonesia jadi contoh yang tepat mengapa memilih notebook untuk kelas bisnis harus lebih jeli, bukan hanya tentang produknya namun juga layanan purna jualnya. 

Kisahnya begini, Aries yang bertugas di divisi TI mendapat perintah membeli belasan notebook untuk aktivitas program baru yang baru saja disetujui direksi bank tempatnya bekerja. 

Seperti biasa ia mengadakan seleksi dari sekian merek yang banyak beredar di pasar dan menjatuhkan pilihan berdasarkan fasilitas yang diperlukan dan harga yang disepakati divisi pembelian.

Awalnya semua berjalan mulus di mana notebook sangat membantu kelancaran tim menjalankan aktivitas program perbankan tersebut sampai kemudian sebuah masalah meluas menjadi bencana besar. 

Rupanya salah satu notebook yang berisi data perbankan penting bermasalah dengan harddisk dan upaya penyelamatan (recovery) data gagal sama sekali. Agaknya kerusakan dipicu guncangan yang terjadi pada notebook kala notebook tengah beroperasi, umumnya aktivitas di luar seperti tim marketing memang beresiko seperti ini.

Sialnya lagi dua laptop di tim marketing yang berisi data penting mengalami kerusakan pada sistem dan keyboard, padahal materi penting di kedua laptop tersebut amat dibutuhkan dalam eksekusi program mereka.

Di sinilah tim Aries baru menyadari bahwa ternyata mereka membutuhkan fasilitas khusus dan layanan servis yang prima dari sebuah laptop manakala problema menghadang. Alih-alih mendapatkan layanan perbaikan dan penyelamatan data, mereka harus mengeluarkan ongkos lebih akibat kerusakan yang dialami tidak termasuk dalam garansi yang berlaku.

Akibat kejadian ini program perbankan yang tengah berjalan mendadak terganggu dan mengalami kerugian. Atasan pun menyalahkan Aries yang meski berpengalaman namun tak menyangka hal ini mengacaukan sistem kerja timnya.

Kasus macam inilah yang harus dicermati sebelum memutuskan membeli notebook untuk kerperluan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque