4.09.2013

Mencicipi Antivirus Berbasis Internet





Namanya CloudProtect, yang merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh salah satu cloud service provider yang ada di Indonesia, yaitu infinyscloud.com. 

Tak bisa dipungkiri, sampai kapanpun virus akan selalu mengancam para pengguna komputer. Tak hanya mengancam sistem operasi Windows, tapi juga sistem operasi seperti Mac dan Linux juga kini butuh antivirus. CloudProtect sendiri dibangun menggunakan Symantec Endpoint Protection. Kehandalan antivirus ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena memang dibangun menggunakan engine yang telah lama berkecimpung di dunia antivirus.

CloudProtect sendiri ditujukan untuk semua pelanggan, baik korporat,
UKM atau juga pengguna perorangan/rumahan yang lisensinya berdasarkan jumlah user. Seperti layanan cloud pada umumnya, pelanggan dapat membeli CloudProtect sesuai dengan kebutuhan mereka, yang artinya tidak ada pembatasan jumlah user. Misal, di bulan ini kamu berlangganan 5 user dan bulan depan menambah 4 user dan tiga bulan kemudian ingin mengurangi 2 user. Hal ini tidak menjadi masalah. Kalau boleh jujur, hal ini malah jauh lebih fleksibel dibanding harus membangun server antivirus sendiri dari awal. Belum lagi biayanya yang pasti akan jauh lebih besar karena harus membeli server sendiri dan lisensi antivirus dalam jumlah besar. Bagi pelanggan perorangan, meskipun hanya membeli 1 atau 2 lisensi, tetap akan mendapatkan CloudProtect Control Panel sendiri. Jadi seolah-olah pelanggan mempunyai server antivirus sendiri, di mana semua administrasi antivirus dapat dilakukan dari CloudProtect Control Panel tersebut.

Dengan menggunakan antivirus berbasis cloud, perusahaan atau organisasi tidak perlu pusing lagi karena harus melakukan manajemen
server, baik hardware maupun software, dan meng-upgrade antivirus ke versi yang terbaru jika muncul update baru. Semua pekerjaan itu akan dilakukan oleh cloud service provider.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque