4.22.2013

Mencicipi Precise Pangolin ( U.Buntu )


























Ubuntu sedang mengalami masa-masa sulit. Posisinya yang biasanya berada di peringkat atas distribusi Linux paling populer kini terancam, direbut oleh Linux Mint. Bila tidak hati-hati, Fedora juga siap menerkam.

Sangat mudah untuk menerka apa yang menjadi biang keladi merosotnya popularitas Ubuntu tersebut. Ya, ngototnya pihak Ubuntu untuk menggunakan Unity sebagai lingkungan desktop membawa dampak buruk. Unity dianggap belum cukup matang untuk digunakan sebagai lingkungan desktop Linux, apalagi sekelas Ubuntu.

Ini yang mengakibatkan banyak pengguna Ubuntu akhirnya berpindah ke lain hati, lari ke distro Linux lain. Dan, yang beruntung menerima limpahan itu adalah Linux Mint, distro Linux yang memang masih “bersaudara” dengan Ubuntu.

Pengembang Ubuntu sudah pasti menyadari kondisi tersebut. Oleh karena itu mereka benar-benar bekerja keras dalam mempersiapkan rilis terbaru mereka, Ubuntu 12.04 Precise Pangolin.

Bukan berarti mereka menarik kembali Unity dan kembali menggunakan Gnome (mereka tampaknya terlalu bergengsi untuk melakukan itu). Namun, mereka terus menyempurnakan Unity sehingga makin bersahabat dengan para penggunanya.

Apalagi Ubuntu 12.04 ini bakal merupakan versi LTS (Long Term Support) alias memiliki dukungan dalam jangka panjang. Jangka waktu dukungan yang diberikan adalah lima tahun. Tentunya mereka tidak mau repot sendiri memberikan dukungan untuk sesuatu yang tidak dipersiapkan dengan matang.

Dan sepertinya usaha mereka memang tidak sia-sia. Unity kini memang tampak makin matang.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque