4.09.2013

Tutorial: Backup SMS ke Akun GMail




Dengan alasan tertentu, melakukan backup SMS bisa menjadi hal penting. Backup pada ponsel yang sama tentu tidak lah aman, karena saat bermasalah, bisa jadi backup yang telah dilakukan bisa pula terhapus atau hilang. Agar lebih aman, kamu bisa melakukan backup pada media lain, salah satunya melalui akun Gmail.

Kali ini akan PCplus tunjukkan cara bagaimana melakukan backup SMS dari ponsel berbasis Android ke akun Gmail. Sebelumnya ada 3 hal yang perlu dipersiapkan, yaitu ponsel berbasis Android 2.1 ke atas, akun Gmail, dan aplikasi SMS Backup+. Berikut langkah-langkahnya:

1. Konfigurasi GMail
Untuk mengatur konfigurasi ini, kamu mesti melakukannya melalui komputer. Buka peramban, login ke akun Gmail dan arahkan ke Settings > Forwarding and POP/IMAP. Aktifkan Enable IMAP, dan simpan dengan klik Save Changes.

2. Instal SMS
Backup+ Pada ponsel, cari SMS Backup+ melalui Google Play. Pastikan bahwa SMS Backup+ dibuat oleh Jan Berkel untuk menghindari malware atau virus yang menyamar sebagai aplikasi palsu. Instal aplikasi seperti biasa.

3. Konfigurasi Android
SMS Backup+ membutuhkan pengaturan zone waktu secara otomatis
agar bisa terhubung dengan Gmail. Oleh karena itu ubah dahulu pengaturan pada Settings > Date & time settings. Aktifkan Automatic (Use networkprovided values).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque