4.16.2013

Generasi baru pembayaraan uang.





Near Field Communication (NFC) memungkinkan pembayaran tanpa uang kontan. Selain disematkan ke dalam kartu, chip NFC juga bisa disematkan di smartphone.

Membayar dengan uang kontan di jalan tol dan sejumlah minimarket atau pusat perbelanjaan terasa sangat merepotkan. Apalagi jika dibutuhkan kembalian berupa uang logam. Setidaknya itulah yang dialami oleh banyak orang dan pihak bank. Oleh karena itu, banyak bank di sejumlah negara, tidak terkecuali di Indonesia, mengembangkan produk inovatif berupa alat pembayaran digital (e-money). Harapannya, inovasi ini akan lebih disukai sehingga dapat mengurangi peredaran uang konvensional.

Inovasi terbaru yang dikembangkan bank adalah menghadirkan sebuah kartu yang menyerupai kartu kredit. Dengan kartu ini, nasabah atau pengguna kartu dapat membayar hingga jumlah tertentu tanpa harus repot memasukkan PIN. Di Indonesia, inovasi ini sudah dilakukan oleh BCA dengan produknya yang bernama Flazz, Bank Mandiri dengan produk­nya yang diberi nama Mandiri e-money (sebelumnya bernama Mandiri Prabayar), dan BRI dengan BRIZZI. Inovasi lainnya adalah pembayaran me-lalui ponsel yang juga sudah dikembangkan oleh operator telekomunikasi di Indonesia. Apa saja kelebihan teknologi baru tersebut dan seaman apakah membayar tanpa sentuhan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque