4.16.2013

Samsung Kalah, Masa Depan Android Terancam?





Sengketa antara dua raksaksa smartphone untuk sementara dimenangkan oleh Apple. 

Dalam keputusannya, para juri sepakat bahwa Samsung telah melanggar beberapa paten milik Apple dan diberi sanksi berupa denda setidaknya 1,05 miliar dolar atau sekitar 9,5 triliun rupiah! Nilai denda itu sendiri lebih kecil daripada tuntutan Apple yang mencapai nilai 2,5 miliar dolar.

Sementara itu, tidak satu pun tuntutan yang diajukan oleh Samsung dikabulkan oleh para juri yang berjumlah sembilan orang tersebut. 

Meskipun begitu, Lucy Koh, hakim yang mengadili kasus sengketa ini belum mengetukkan palu karena masih ada beberapa hal dalam keputusan juri yang perlu sedikit “dirapikan”. 

Beberapa pihak memang mempertanyakan netralitas juri dalam mengambil keputusan, mengingat persidangan dilakukan di Amerika yang merupakan “kampung halaman” Apple. 

Namun salah seorang juri bernama Manuel Ilagan membantah hal tersebut. Manuel Ilagan berkata bahwa keputusan juri yang memihak Apple semata-mata adalah karena bukti yang diajukan oleh Apple sangat kuat. Jelas-jelas terlihat adanya pelanggaran yang dilakukan oleh Samsung melalui bukti-bukti tersebut.

Ketika diminta memberikan contoh, Manuel Ilagan menyebutkan bahwa ada bukti diskusi via e-mail dari para petinggi Samsung yang menyatakan bahwa mereka harus membuat produk yang memiliki aneka feature seperti produk Apple. 

Lalu ada lagi deretan foto yang menunjukkan desain produk Samsung sebelum dan sesudah iPhone dirilis. Melalui foto tersebut terlihat jelas bahwa desain produk Samsung pasca iPhone berubah drastis bila dibandingkan dengan sebelumnya dan tingkat kemiripan dengan iPhone juga tinggi. Namun Manuel Ilagan juga percaya bahwa Samsung bakal segera bangkit dan bisa menelurkan produk dengan desain khas mereka sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque