4.09.2013

Mengamankan Linux dengan F-Prot





Dibandingkan Windows, Linux secara default relatif lebih kebal terhadap virus. Namun tidak ada salahnya kamu menginstal sebuah produk antivirus pada platform Linux. Pada beberapa kasus, seperti ketika sistem operasi Linux dipakai untuk menjadi file server atau mail server yang melayani pengguna yang berbasis sistem operasi Windows, produk antivirus mutlak diperlukan untuk mencegah penyebaran malware.

Beberapa perusahaan antivirus sudah menyediakan produk antivirus untuk platform Linux/Unix. Namun hanya sedikit yang menawarkan produk gratisan. Salah satunya adalah F-Prot besutan FRISK, perusahaan di negara Islandia. Perusahaan ini berdiri sejak 1993 dengan situs resmi www.f-prot.com.

F-Prot memiliki beberapa kategori antivirus yang disesuaikan dengan target penggunanya. Kategori itu adalah home antivirus (untuk pengguna pada umumnya), corporate antivirus (pengguna di perusahaan), Linux, BSD & Solaris, dan Exchange (untuk server berbasis Microsoft Exchange).

Untuk Linux, F-Prot punya beberapa produk, yaitu Workstation, File Server, dan Mail Server. Home user disarankan menggunakan versi Workstation karena aplikasi ini bersifat free selama dipakai untuk kebutuhan pribadi dan tidak dipakai untuk menyediakan layanan pada jaringan seperti File Server atau Mail Server. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca di EULA yang tersedia online di www.f-prot.com/download/ license.html.

Kali ini kita akan menginstal F-Prot versi terbaru (6.1.0) pada distro Slackware Linux. Karena aplikasi ini didistribusikan sudah dalam bentuk biner, proses instalasinya bisa dilakukan pada sembarang distro Linux.

1. Unduh versi terbaru dari F-Prot untuk Linux dari URL www.f-prot.com/download/home_user/ download_fplinux.html.

2. Ekstraksi file dengan perintah “tar -xzvf fp- Linux-x86_32-ws.tar.gz”.

3. Sebuah direktori baru bernama “f-prot” akan terbentuk. Masukkan direktori yang terbentuk ke dalam sebuah direktori, misalnya /opt dengan perintah “mv f-prot /opt”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque