5.07.2013

Wearable Computer



Google Glass adalah salah satu contoh wearable computer. Selain berwujud kacamata dan jam tangan, wearable computer juga berbentuk gelang, melekat pada baju, dipasang pada sepatu, dan lain-lain.




Makin banyak vendor yang tertarik membuat smartwatch alias jam tangan pintar. Sony sudah membuatnya. Apple dan Samsung kabarnya juga akan segera meluncurkan smartwatch. Mengapa mereka membuatnya? Apakah ada permintaan pasar yang tinggi untuk jam tangan pintar semacam itu? Kelihatannya hal ini cenderung kepada penciptaan pasar daripada berdasar permintaan pasar.

Yang jelas, smartwatch merupakan perangkat elektronik pintar alias komputer yang dikenakan pada tubuh – yang lebih populer disebut wearable computer. Contoh wearable computer lainnya yang kini juga sedang populer adalah Google Glass. Google Glass bukanlah kacamata biasa, melainkan merupakan perangkat pintar yang dikenakan seperti kacamata.

Sudah banyak wearable computer yang dijual di pasar dengan berbagai fungsi. Selain berwujud kacamata dan jam tangan, wearable computer juga berbentuk gelang, melekat pada baju, dipasang pada sepatu, dan lain-lain. 

Wearable computer biasanya memiliki aneka sensor, seperti sensor suhu, gerakan, tekanan, dan kamera video. Data yang berasal dari sensor diolah dan ditampilkan di wearable computer itu sendiri atau dikirim ke smartphone bahkan bisa juga ke cloud server melalui internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque