4.16.2013

Kala Password Dibobol





Anda mengira, bahwa karena semua akun Anda di dunia maya telah dilindungi dengan password yang susah ditebak, Anda bisa tidur dengan nyenyak dan bermimpi hidup enak. 

Sayangnya, mimpi semacam ini hanya berlangsung di masa lalu, saat teknologi Internet dan komputer belum sekompleks dan serumit ini. Di masa kini, situasinya sudah jauh berbeda. Anda tidak bisa lagi mengandalkan password yang mudah diterka. 

Suka atau tidak, Anda harus menyadari bahwa kecanggihan teknologi telah membuat segalanya mungkin. Sayangnya, kecanggihan teknologi juga membuat kinerja para penjahat menjadi lebih mudah. Mereka bisa melakukan apa pun termasuk membobol password Anda (meskipun Anda tidak pernah membocorkan password Anda).

Lalu, bagaimana hal ini bisa terjadi? Apakah teknologi password sudah mulai mendekati titik nadirnya? Sebenarnya, agak terlalu gegabah jika menyatakan bahwa password telah mendekati masa kepunahannya. Namun demikian, aneka ancaman pencurian/pembobolan password telah menjadi hal yang mencemaskan akhir-akhir ini. 

Pola umum password

Sebenarnya apa yang menyebabkan password bisa ditembus? Menurut para peneliti hal ini disebabkan karena para penjahat telah mempelajari perilaku para pengguna.

Strategi yang dipakai penguna dalam memilih password biasanya adalah menggunakan kata yang mudah diingat olehnya tapi sulit ditebak orang lain. Para pengguna password biasanya akan menggunakan aneka password berbasis huruf, angka, dan simbol. Ada juga yang menggunakan nama hewan peliharaan sampai tokoh kartun. Mereka juga mengunakan kombinasi huruf dan angka seperti sup3r.

Namun, ada satu pola umum yang terlihat, yakni kebanyakan kata dalam password ternyata diawali dengan huruf besar, dan diakhiri dengan angka atau tanda baca. Juga ada kecenderungan untuk menggunakan nama diikuti dengan angka tahun di belakangnya seperti JuliaRoberts1977.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque