4.09.2013

How It Works: Chipset PC Desktop Sang Penghubung Prosesor





Mungkin kamu bertanya me- ngapa sejumlah prosesor terkini telah mengintegrasikan northbridge secara langsung. Salah satu penyebabnya adalah proses produksi yang se- makin kecil yang memungkinkan jumlah transistor yang semakin banyak untuk ukuran yang sama. Andai dulu dipaksakan, ukuran prosesornya kemungkinan akan terlalu besar. 

Pengintegrasian ini pun sering kali meningkatkan kinerja dan efisiensi.
Sebelum aneka fungsi north- bridge “masuk” ke dalam prosesor, northbridge memiliki fungsi antara lain sebagai penghubung memori utama, kartu grafis, dan south- bridge dengan prosesor. Pada northbridge ini pula diletakkan kartu grafis terintegrasi. Adapun southbridge berfungsi sebagai penghubung aneka komponen lain seperti kartu tambahan lain (misalnya kartu suara, kartu jaringan), media penyimpanan (hard disk, drive optik), USB, audio yang terintegrasi, jaringan yang terintegrasi, dan BIOS dengan northbridge.

FSB
Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa penghubung utama prosesor dengan komponen lain adalah chipset. Pada chipset yang terdiri dari northbridge dan southbridge, tentunya northbridge yang lebih berpengaruh terhadap kinerja sistem secara keseluruhan. Selain northbridge bersangkutan, kinerjanya juga dipengaruhi oleh besarnya bandwidth pada jalur yang menghubungkan northbridge dengan prosesor. Ibarat jalan raya, semakin banyak lajurnya, semakin banyak mobil yang bisa lewat setiap detiknya. Begitu pula dengan jalur antara northbridge dengan prosesor, semakin besar bandwidth yang tersedia semakin banyak data yang bisa dilewatkan setiap detiknya. 

Jalur yang menghubungkan northbridge dengan prosesor yang digunakan saat itu adalah FSB (Front Side Bus). Besarnya bandwidth yang ada kala itu kadang kurang mencukupi saat menggunakan komponen yang memiliki kinerja sangat tinggi, misalnya saat menggunakan memori utama berfrekuensi tinggi secara dual channel. Dengan diintegrasikannya memory controller secara langsung pada prosesor,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque