4.09.2013

Tutorial: Backup Pintar buat PC Kamu





Ada cara pintar untuk senantiasa membackup data di PC kamu sehingga bisa dengan mudah dikembalikan ketika ada masalah.

Cara pintar yang dimaksud adalah menggunakan program otomatisasi
yang selalu mencadangkan data-data kamu ke tempat lain, baik pencadangan di internet, tempat lain dalam jaringan lokal, hard disk eksternal, sampai PC teman yang baik hati berbagi storagenya untuk kamu. Nah, kali ini kita bahas bagaimana caranya melakukan pencadangan data buat kamu yang punya media simpan jaringan (NAS), atau harddisk eksternal. 

Aplikasinya menggunakan CrashPlan, dan bisa diunduh gratis di http://www.crashplan.com/consumer/download.html dan langsung install. Sebelum menggunakan CrashPlan, kamu harus memiliki akun yang bisa didaftarkan ketika program pertama kali dijalankan.
Pendaftarannya grais dan cepat kok, jadi jangan kuatir keluar uang. Kalau sudah daftar, yuk kita mulai settingnya.

1.Install dulu aplikasi CrashPlan ke PC kedua, setelah selesai login dengan akun yang tadi kamu daftarkan di PC pertama. Login harus sama supaya PC kamu sukses ditemukan oleh PC pertama.

2. Kalau sudah, kamu akan dibawa ke jendela utama CrashPlan, biarkan beberapa saat untuk memberi waktu CrashPlan menggali
informasi kapasitas hard disk kamu yang akan dibackup.

3. Sekarang perhatikan di bagian Destination, lihat apakah nama PC kedua sudah muncul di salah satu bagian destinasi. Dalam contoh ini komputer bernama DAYUAKBAR-PC sudah terdaftar di komputer tujuan backup. Silahkan klik tombol Start Backup untuk memulai proses pencadangan data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque