4.16.2013

Memahami Isu Keamanan di Ranah Maya





Disinyalir saat ini satu dari empat penduduk dunia sudah terhubung ke internet. 

Dengan demikian, tujuan WSIS yang menargetkan paling tidak 50% penduduk dunia sudah terhubung ke dunia maya pada tahun 2015 tampaknya akan segera menjadi kenyataan.

Pemanfaatan internet pun makin beragam. Dari yang awalnya hanya dipergunakan sebagai media komunikasi antarlembaga riset perguruan tinggi, kini telah dipakai oleh masyarakat luas untuk melakukan berbagai aktivitas seperti belajar, bertransaksi, berinteraksi, berkomunikasi, berkolaborasi, berdagang, berkarya, berdakwah, bersosialisasi, dan sebagainya.

Risiko Dunia Maya

Di samping begitu banyaknya manfaat positif yang diberikan oleh internet, tidak ketinggalan terdapat pula hal-hal negatif yang mengikutinya. Aneka isu seperti perusakan website dan sebagainya merupakan fenomena yang terjadi setiap harinya. 

Untuk menghadapi hal ini tentu saja kita harus melakukan pendekatan untuk melihat akar permasalahannya. Dengan demikian mitigasi yang dilakukan dapat berjalan secara efektif.

Memahami Lingkungan

Ekosistem internet dari sisi konteks kejahatan dunia maya yang sering terjadi dapat dipandang melalui enam aspek yang saling terkait satu dengan lainnya.

Kami menamakannya memandang fenomena peristiwa kejahatan di dunia maya melalui pemahaman terhadap enam hal, yaitu Cyber Space; Cyber Threat; Cyber Attack; Cyber Security; Cyber Crime; dan Cyber Law.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque