5.21.2013

Bedanya SNMPTN & SBMPTN!



Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah mengganti nama di tahun ini, sehingga namnya menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) yang pelaksanaan ujian tertulisnya bakal digelar serentak (Bersama) pada Selasa – Rabu, 18-19 Juni 2013, serta ujian keterampilan bagi jurusan tertentu pada 20 dan 21 Juni mendatang.
Proses pendaftaran pun serentak melalui online mulai hari ini, Senin (13/5) , dan akan berakhir (ditutup) pun secara serentak pada Jumat, 7 Juni 2013 pukul 22:00 WIB.
Ada beberapa perubahan lainnya, terutama terkait nama-nama kelompok jurusan pilihan siswa. Jika tahun lalu panitia membuka kelompok IPA, IPS, dan Campuran, tahun ini berubah nama menjadi Sosial Humaniora (Soshum), Sain dan Teknologi (Saintek), dan Campuran.
"Calon mahasiswa bisa memilih maksimal tiga program studi," kata Ketua Panitia SBMPTN, Prof Akhmaloka yang juga merupakan rektornya kampus ITB. 
Akhmaloka menjelaskan, SBMPTN 2013 menerapkan pola baru. Peserta, boleh memilih tiga program studi di masing-masing kelompok ujian tadi. Berbeda dengan tahun lalu peserta hanya dapat memilih tiga prodi untuk kelompok ujian campuran saja.
LULUSAN DUA TAHUN LALU BOLEH IKUT
Lanjut prof Akhmaloka menjelaskan, Kemdikbud mulai tahun ini membuka peluang penerimaan mahasiswa baru melalui pola Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri (SM). Ada 62 PTN terlibat dalam SBMPTN, termasuk juga IAIN Walisongo Semarang, tetapi tidak semua perguruan tinggi bisa melakukan seleksi mandiri.
SBMPTN merupakan mekanisme seleksi masuk PTN yang dilakukan melalui ujian tertulis dan atau keterampilan. Seleksi ditujukan bagi siswa lulusan SMA sederajat tahun 2013 yang tidak lolos melalui jalur undangan pada SNMPTN. “Jadi kesempatan ini juga bisa untuk siswa yang lulus UN di tahun 2011 dan 2012," katanya.
BIDIKMISI
Seperti sudah berjalan empat tahun terakhir, khusus untuk siswa dari keluarga dengan kemampuan ekonomi terbatas namun memiliki potensi akademik memadai dapat mengikuti seleksi. Bantuan biaya pendidikan disediakan oleh pemerintah melalui program beasiswa Bidikmisi. Siswa tetap dapat mengikuti seleksi di semua jalur penerimaan yang diselenggarakan tanpa dibebani pendaftaran.
PENGUMUMAN HASIL SBMPTN
Pengumuman resmi hasil ujian rencananya akan dilaksanakan pada 12 Juli 2013 melalui online pukul 17:00 WIB dan media cetak pada 13 Juli 2013. Ada pun siswa yang bisa mendaftarkan diri yakni siswa lulusan SLTA/setara/paket C tahun 2011 dan 2012 serta siswa pemegang surat keterangan hasil UN SLTA/setara (lulusan) tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Letter M Islam Mosque